Debugging Paket Data di Jaringan

Di dalam jaringan TCP/IP terdapat lalu lintas paket data yang sangat banyak, dan langkah yang tepat untuk melakukan debugging adalah dengan melacak paket data guna mendapatkan informasi dan sumber yang benar. Meski didalamnya (TCP/IP) banyak kode-kode internal yang sulit dipelajari namun mempelajari apa yang digunakan sehari-hari di dunia networking adalah sangat membantu. Continue reading “Debugging Paket Data di Jaringan” »


Persepsi diantara dua…

Hahahaha, sebelumnya saya ingin tertawa mendengar selebitan kabar burung, burungnya bukan merpati, valid sekali :D. Hari ini tanggal 15 Januari 2010 saya mendapat sesuatu (cerita, info, warning?) yang membuat saya bisa tertawa dalam kesedihan (couldn’t finished OpenEMR) tapi nggak papalah, tertawa diatas penderitaan sendiri hehehe. Sebelum melanjutkan membaca, saya peringatkan bahwa ini adalah tulisan yang cukup serius namun saya mencoba untuk membawakannya dengan santai dan jangan sampai menimbulkan persepsi apapun kemudian….Saya bingung sebenarnya mau mulai darimana, okelah kalau begitu…, diawali dari persepsi saya tentang “suka”, menurut saya siapapun berhak mengutarakan kata “suka” ke semua orang yang memang berkenan dihati. “Suka, Sayang” menurut saya adalah ungkapan yang wajar dan seharusnya juga dianggap wajar dalam sebuah pertemanan, persaudaraan, atau keluarga, namun pada kenyataannya ada beberapa individu yang mempunyai persepsi berbeda tentang ungkapan “Suka, Sayang”. Hmmm…. kenapa bisa berbeda? Continue reading “Persepsi diantara dua…” »


Konfigurasi Clamav di Zimbra

Mungkin judul “konfigurasi clamav” terkesan terlalu luas, namun yang dibahas disini hanyalah konfigurasi freshclam atau updater clamav db agar bisa running dengan baik meski secara default zimbra sudah mengkonfigurasinya dan juga sudah bisa berjalan. Bisa dibilang ini adalah keisengan saya kesekian kalinya. Ada suatu alasan kecil kenapa saya harus mengkonfigurasi freshclam di zimbra sementara by default sudah berjalan baik? Karena saya ingin bisa melakukan update sewaktu-waktu dengan menggunakan command dan bukan dengan auto updater dari zimbra. Continue reading “Konfigurasi Clamav di Zimbra” »


Hobiku bangkit dari kubur…

Sedjak dahulu kala saya memang menggemari “hobi” yang satu ini, atau tepatnya sedjak SMP saya sudah menggemari seni photoghrapy. Pertama kali saya memegang kamera adalah poket kodak tipenya saya lupa tapi yang pasti kamera itu kini menjadi bangkai, yach namanya juga sudah udzur :D. Dulu…., untuk memegang kamera saya harus menabung sebulan hanya sekedar membeli film satu roll yang harganya waktu itu untuk asa 200 sekitar Rp. 25.000,-. Susah sekali rasanya untuk bisa memencet shutter karena saya harus berpuasa jajan selama kurang lebih sebulan utnuk membeli film :D, atau jalan pintas ya menggelapkan uang SPP :oops:. Continue reading “Hobiku bangkit dari kubur…” »