Forgotten root password

Hari ini saya ada schedule maintenance mail server yang rencananya akan ada penggantian system ke CentOS 5.4 64bit. Instalasi tidak ada masalah, skip…skip…skip…, proses instalasi selesai dan langsung login untuk disable beberapa service yang tidak diperlukan. Tentu saja setelah konfigurasi awal server (kandidat) saya reboot (atau restart bagi yang windows minded). Kembali ke meja kerja untuk mengangkat telpon dan petaka muncul setelah saya kembali lalgi ke server, ternyata saya tidak bisa login ke server karena salah password, aduh!!! Mungkinkah saya lupa password root??Feewwwh…, saya memang mempunyai sedikit masalah dengan ingatan (malas mengingat), damn it!! I forgot my root password. meski pelupa namun ada beberapa hal penting yang masih saya ingat :D, diantaranya adalah linux yang mempunyai fasilitas login single user yang memungkinkan admin untuk melakukan apapun tanpa harus tau password root. Jadi kesimpulannya adalah mengubah password dari single user. Untuk detail how to change password from single user, see below….

1. Reboot komputer dan ketika muncul menu grub silahkan tekan sembarang tombol untuk masuk ke grub editor.

2. Setelah muncul grub menu silahkan tekan A untuk mengedit grub yang akan di boot, masuk di grub editor maka kurang lebih akan muncul seperti ini:

grub append> ro root=/dev/md1

3. Kemudian tambahkan parameter “single” tanpa tanda kutip, satu spasi dibelakangnya, seperti ini:

grub append> ro root=/dev/md1 single

4. Setelah itu enter saja, linuxbox akan booting ke single user mode, bila berhasil maka muncul bash dir seperti dibawah ini:

sh-2.05b#

5. Selanjutnya silahkan ganti password root dengan command passwd seperti dibawah ini:

passwd root

Ulangi password dan selanjutnya silahkan reboot, maka seharusnya password root telah tergantikan oleh yang baru. Pengalaman forgotten root password ini cukup menggelikan setelah beberapa lama saya menggunakan berbagai macam password yang rata-rata ada di kepala saya. Tapi semoga saja ini bermanfaat bagi linuxer secara umum dan CentOS user khususnya….

Notes: grub append> ro root=/dev/md1 tidak selalu sama, disini saya menggunakan RAID sehingga device mappernya seperti itu.

Thanks to: CentOS milist’s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*