Debugging Paket Data di Jaringan

Di dalam jaringan TCP/IP terdapat lalu lintas paket data yang sangat banyak, dan langkah yang tepat untuk melakukan debugging adalah dengan melacak paket data guna mendapatkan informasi dan sumber yang benar. Meski didalamnya (TCP/IP) banyak kode-kode internal yang sulit dipelajari namun mempelajari apa yang digunakan sehari-hari di dunia networking adalah sangat membantu.Beberapa faktor yang akan membantu dalam mempelajari TCP/IP adalah:

  1. Traffic TCP/IP teridiri dari paket-paket data berlainan yang mempunyai ciri tersendiri. Suatu contoh ketika mesin A berkomunikasi dengan mesin B maka data akan dibagi kedalam paket yang berbeda-beda dan dikirimkan secara individual, data tidak akan dikirim sebagai stream kontinus tunggal.
  2. Secara Definisi, semua traffic jaringan mesin A harus meninggalkan A dan berjalan pada media transmisi (UTP, Fiber Optic, Wireless, Coaxial, dll). Kemudian kita dapat menggunakan paket sniffer untuk melihat traffic ini dan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.
  3. TCP/IP terdiri dari banyak building block sederhana, oleh karena itu kita dapat membagi semua masalah kedalam bagian-bagian yang lebih kecil. Sehingga kita dapat lebih mudah untuk melakukan diagnosis permasalahan yang terjadi tentu saja dengan memahami permasalahan yang terjadi sebelum menyelesaikannya.

Okelah kalo beg..beg…beg…beg…begitu…., mari kita coba menggunakan tcpdump alat sakti untuk melakukan sniffing. Dalam percobaan ini saya akan melakukan ping ke komputer dengan IP 10.107.33.2 dari komputer yang memiliki IP 10.107.33.1, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gb.1. dan gb.2.:

gb.1.

tcpdump

gb.2.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*