windows-linux

Migrasi Windows Active Directory ke Linux Samba OpenLDAP

Windows Active Directory merupakan platform closed source dan menjadi andalan bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai banyak anggaran untuk insfrastruktur TI mereka. Windows AD mempunyai banyak kelebihan dalam memenuhi fungsinya sebagai domain controller, lalu bagaimana dengan perusahaan yang berbudget rendah? Continue reading “Migrasi Windows Active Directory ke Linux Samba OpenLDAP” »


D5000

Meminang Nikon D5000

Setelah lama menimbang dan menabung akhirnya saya putuskan untuk meminang nikon D5000 dengan lensa kit 18-55 VR dengan mahar 5,870rb rupiah, harga yang tidak murah bagi office boy seperti saya ini tapi ap mau dikata lha wong sudah ngebet dan kebelet ya dibeli saja daripada nggak bisa tidur :D. Sebelumnya saya membandingkan nikon D3000 dan Canon EOS1000D, overall kedua kamera entry level ini sudah mencukupi kebutuhan saya (hanya hobi). Setelah mencoba dan menjepret dengan lens kit nya saya pikir hasilnya bagus (opini dari newbie jepret) nah karena penasaran dengan entry level lainnya maka saya mencoba nikon D5000, hm…. kesan pertama lumayan menggoda. Nikon D5000 di pegang lebih mantab karena ukurannya agak lebih besar daripadan nikon D3000 dan pas banget dengan tangan saya yang agak lebar :D.

Akhirnya karena kurang puas dengan nikon D3000 setelah melihat D5000 saya putuskan untuk menunda pembelian dan menabung untuk menutupi kekurangan harganya maklum selain office boy saya juga mahasiswa mandiri :D. Dan akhirnya sekarang nikon D5000 sudah ditangan, dibawah ini beberapa jepretan amatir dari D5000 dengan lens kit 18-55 VR + kenko UV Filter


Zimbra Admin Console

Instalasi Zimbra dengan minimum requirements

Tutorial ini dipastikan hampir sama dengan “Instalasi Zimbra Sebagai Email Server”, namun selalu ada yang berbeda dari versi sebelumnya karena pada tutorial ini adalah lebih kepada optimasi server untuk keperluan email server. Di tutorial ini saya menggunakan Zimbra open source versi 6.0.7.1_GA 64bit dan CentOS 5.5 x86_64 bit. Continue reading “Instalasi Zimbra dengan minimum requirements” »


Memonitor Zimbra Server dengan Cacti

Ini sebenarnya sudah lama saya terapkan di email server, namun baru kali ini sempat melakukan posting. Seperti di artikel sebelumnya, cacti merupakan sebuah software yang dapat digunakan untuk melakukan monitoring resource server, dan traffic jaringan. Untuk mengikuti panduan ini wajib mempunyai cacti server yang telah running, untuk detailnya silahkan mengikuti artikel “Instalasi Cacti di CentOS“. Pada dasarnya metode ini hanya memanfaatkan SNMP sebagai agent yang memberikan akses informasi resource system di email server. Bagaimana instalasinya?

1. Instal SNMP di Zimbra email server, kebetulan saya menggunakan CentOS sehingga lebih mudah menggunakan YUM:

# yum install net-snmp net-snmp-devel net-snmp-utils net-snmp-perl net-snmp-libs

2. Selanjutnya edit file /etc/snmp/snmpd.conf menggunakan editor kesukaan masing-masing, saya menggunakan vi editor:

# vi /etc/snmp/snmpd.conf

#com2sec notConfigUser  default       public
com2sec cactiUser      default       cacti
group   cactiGroup v1           cactiUser
group   cactiGroup v2c           cactiUser
view    cactiROView  included   .1
access  cactiGroup “”      any       noauth    exact  cactiROView none none

Disable community public yang by default di enable dengan memberikan comment atau mark pada com2sec notConfigUser  default       public sehingga menjadi seperti diatas.

Kemudian start snmpd service dan buat agar otomatis running di runlevel yang digunakan, pada umumnya menggunakan run level 3 atau 5:

# /etc/init.d/snmpd start

# chkconfig –level 35 snmpd on

Periksa apakah konfigurasi snmp telah berjalan dengan baik, dan cacti server mempunyai akses ke snmp yang ada di email server…

# snmpwalk -v 1 mail.solusismart.com -c cacti .1.3.6.1.2.1.25.1.1
HOST-RESOURCES-MIB::hrSystemUptime.0 = Timeticks: (62309889) 7 days, 5:04:58.89

Jika berhasil makan akan muncul hasil seperti diatas, hasil diatas ditentukan oleh resource masing-masing server sehingga hasilnya tidak selalu sama. Dan langkah selanjutnya adalah menambahkan device serta graph di cacti server, dan akhirnya Zimbra email server bisa dimonitor dengan cacti.

Referensi:
http://net-snmp.sourceforge.net


Menggunakan RPMFORGE repository di CentOS

Artikel ini bisa ditemui di halaman CentOS Wiki, RPMFORGE adalah sebuah alternatif mirror list yang kadang-kadang menyediakan paket yang tidak tersedia di Base mirror. Mirror ini cukup bermanfaat ketika dependencies yang diperlukan tidak ada di Base mirror, langkahnya cukup simple yaitu dengan melakukan download file .rpm dan KEY yang akan diinstall…

1. Download file rpmforge-release dan sesuaikan dengan mesin yang digunakan i386 atau x86_64.

2. Import KEY dari Dagwiers

  • rpm –import http://dag.wieers.com/rpm/packages/RPM-GPG-KEY.dag.txt

Setelah itu check dengan perintah “yum check-update”

# yum check-update

Seharusnya tidak sulit untuk melakukan hal diatas :D

Source:
http://wiki.centos.org