sqmail

Squirrelmail sebagai webmail Zimbra

Beberapa hari ini agak gimana gitu membaca posting-posting di milis Zimbra ID karena masih diperdebatkan soal boleh atau tidaknya mengubah / mengganti default logo Zimbra di halaman login webmail, padahal kan sudah sangat jelas bahwa Zimbra Open Source Edition tidak diperbolehkan mengubah logo pada halaman webmail login. Nah mungkin ini adalah aternatif bagi yang ingin menggunakan Zimbra Open Source sebagai backend email server dan dengan webmail (narsis) dengan logo perusahaan atau photo narsis si admin. Squirrelmail adalah produk webmail client yang mendukung protokol IMAP dan IMAPS serta POP3 (menggunakan fetchmail) dan tentu saja berlisensi GPL

Pada artikel ini saya menggunakan Squirrelmail 1.4.21 dan Zimbra versi 6.0.7 sebagai backend email server, apache dan php sebagai syarat jalannya Squirrelmail di Zimbra Email Server. Berikut step by step instalasinya:

Install apache, php secukupnya (2 sendok teh):

# yum install php httpd

Ubah konfigurasi httpd.conf, dan setting port apache agar tidak listen di port 80 karena port tersebut telah digunakan Zimbra webmail. Saya menggunakan port 881:

# vi /etc/httpd/conf/httpd.conf
Listen 881
DocumentRoot “/var/www/html/webmail”
DocumentRoot “/var/www/html/webmail”

Kemudian restart service httpd, namun akan muncul error notifikasi karena folder /var/www/html/webmail tidak ditemukan, abaikan saja pesan ini. Selanjutnya download Squirrelmail dari http://squirrelmail.org/download.php:

# cd /tmp
# wget http://biznetnetworks.dl.sourceforge.net/project/squirrelmail/stable/1.4.21/squirrelmail-1.4.21.tar.gz
# tar -zxvf squirrelmail-1.4.21.tar.gz
# mv squirrelmail-1.4.21 /var/www/html/webmail
# chown -R apache.apache /var/www/html/webmail

Buat direktori untuk menyimpan data dan attachment:

# mkdir /var/sqmail
# mkdir /var/sqmail/data
# mkdir /var/sqmail/attach
# chown -R apache.apache /var/sqmail/

Nah seharusnya webmail baru (Squirrelmail) sudah bisa running, namun jika belum akan saya bahas di artikel selanjutnya setelah futsal :P

One thought on “Squirrelmail sebagai webmail Zimbra

  1. Mas Pnyet,
    Saya sudah berhasil install squirrelmailnya, tapi pas login menggunakan user yang di create di zimbra tidak bisa login ya mas .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*