pandi

Root Name Server domain ID bermasalah

Kemarin saya melakukan migrasi server di sebuah perusahaan dan kebetulan terdapat dns server dan email server. berhubung semua IP server diganti maka saya meng-update record-record domain yang ada di DNS server.
nah karena masalah ini email server yang saya setting tidak dapat dikenali oleh domain2 di internet, so bisa dikatakan aktivitas perusahaan ini lumpuh (sad). apa mau dikata memang root .id sedang ada masalah dan masalah ini hanya menimpa domain-domain yang melakukan update konfigurasi pada hari itu (duh).
Yang membuat saya agak jengkel adalah karena di news pages tidak disebutkan secara detail bahwa masih terdapat masalah pada domain-domain yang melakukan update pada hari itu, sehingga tidak ada bukti otentik yang dapat dijadikan sumber informasi kuat lainnya. Di news pages terdapat notifikasi bahwa server pandi kembali normal, namun pada kenyataannya domain saya belum dapat diakses dan meski di domain management sudah menggunakan record-record terbaru namun data tersebut tidak dapat dibaca secara otomatis oleh server NS :D.
jadi ya bisa saya bilang kemarin saya dibohongi pandi :P…
meski begitu saya juga mengucapkan terimakasih atas respon tim di pandi yang mau menjelaskan permasalahan sebenarnya, dan akhirnya dns server dan mail server running well pada malam ini.

2 thoughts on “Root Name Server domain ID bermasalah

  1. Halo gan, salah satu web teman saya mengalami masalah yang diakibatkan oleh error pada nameservernya yang mengarah ke id1.rootserver.co.id dan id2.rootserver.co.id yang sudah expired
    Bagaimana cara mengatasinya ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*