joomla16

Review Joomla 1.6

Senin 10 Januari 2011, joomla telah merilis versi terbarunya yaitu joomla 1.6. stable. Joomla versi terbaru ini mempunyai fitur kontrol dan hak akses yang lebih keren dari versi sebelumnya. Selain itu, joomla versi terbaru juga lebih user friendly, sehingga lebih mudah dalam hal administrasi. Dibawah ini adalah fitur-fitur terbaru Joomla v. 1.6:

  • Finer access controls for viewing and editing content with configurable user groups and viewing levels
  • A user-defined category structure, from simple one-level to complex multi-level categories
  • Installation improvements allowing for multiple extension installations in one package, updatable with a single click
  • Expanded language support for easy production of multi-lingual sites
  • Start and end publishing times for modules with more control over where they display.
  • Fresh new templates and semantic markup to please the eye as well as the search engines.
  • More creative control through template styles
  • Hundreds of additional features, streamlining workflow and productivity

Dengan Joomla 1.6 para developer, membangun aplikasi lebih cepat melalui semua tahapan desain, deployment dan update. API yang lebih kaya dan advance akan memberikan kesempatan baru untuk mengintegrasikan, bersaing dan perluasan pasar-pasar yang telah ada maupun yang baru.

Saat ini saya telah berhasil melakukan installasi Joomla 1.6 dan cukup terkesan dengan performa joomla terbaru ini, desain control panel administrator jauh lebih menarik dari versi sebelumnya, load halaman pada Joomla versi 1.6 juga jauh lebih cepat daripada joomla versi 1.5 sebelumnya. Salah satu fitur lainnya yang menarik adalah, template dapat di assign kepada salah satu user tertentu sehingga user dapat diberikan hak akses tertentu berdasarkan kebutuhannya. Joomla 1.6 saya uji coba dengan menggunakan NGINX sebagai web server dan PHP 5.3.5 sebagai engine, proses installasi berjalan lancar, dibawah ini terdapat screenshoot dari konfigurasi server:

Namun hal yang harus diperhatikan adalah security issue, Joomla cukup rentan terhadap exploit yang ditimbulkan oleh bug-bug didalamnya, dan agar website yang dibuat dengan Joomla tetap aman beredar diinternet adalah dengan melakukan update setiap adanya rilis / patch terbaru dari versi 1.6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*