stop_sopa

Banyak situs yang terancam SOPA dan PIPA

Beberapa minggu terakhir dunia internet ramai dengan topik “SOPA & PIPA“, banyak yang berpendapat dengan adanya SOPA dan PIPA dapat mengancam kebebasan berbagi informasi didunia internet. Konon, SOPA dan PIPA dibuat untuk melindungi kekayaan intelektual terutama film-film hollywood, buku, dan lain-lain. SOPA dan PIPA pertama kali disosialisasikan¬† pada 26 Oktober 2011 dan pada akan ditinjau ulang pada January 2012. SOPA dan PIPA mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan film, music atau penerbitan yang merasa dirugikan oleh tindakan pembajakan di internet.

Beberapa waktu lalu situs-situs besar seperti Google, Wikipedia, Mozzila, BoingBoing dan banyak situs besar lainnya menentang SOPA dengan melakukan blackout. Hingga saat ini SOPA telah berhasil menutup situs sharing online yang Megaupload. dan menangkap founder serta beberapa karyawannya, hingga saat ini mereka belum mendapat kepastian nasibnya.

Situs kedua setelah Megaupload adalah Filesonic yang menjadi korban dari SOPA, layanan file sharing resmi ditutup oleh Filesonic dan hanya dapat digunakan untuk mendownload dan mengupload file pribadi masing-masing account. Dibawah ini screenshoot yang baru saja diambil dari website Filesonic:

Disatu sisi SOPA memang menjadi momok bagi situs-situs penyedia layanan seperti Megaupload dan Filesonic, namun disisi lain SOPA dapat digunakan untuk mengurangi pembajakan terhadap karya/produk dari orang/organisasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa informasi “bajakan” mempunyai andil besar untuk kemajuan orang-orang yang mempunyai keterbatasan finansial untuk berbelanja online dan membeli ebook yang hargaanya puluhan dollar.

Saya tidak mendukung pembajakan, saya hanya butuh resource yang menyediakan ebook secara bebas :D

references:
Wikipedia.org
Google.com