zcs_login

Review Zimbra 8.0 Open Source

Well, finally Zimbra merilis versi terbaru setelah 7.2.x yang cukup lama. Rilis Zimbra versi 8.0 resmi diluncurkan pada 13 September 2012 kemarin dengan code name “Iron Maiden”. Tentu saja ini adalah yang ditunggu-tunggu dan menggembirakan karena menurut release notes zimbra versi 8 ini mempunyai beberapa perbedaan dari versi sebelumnya, mau tau?

Zimbra versi 8 mempunyai tampilan yang  totally different jika dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya. Disebutkan dalam release notes-nya kesederhanaan dan aksesbilitas merupakan kunci dari perbaikan pada rilis ini, sehingga zimbra versi 8 mempunyai tampilan yang benar-benar berbeda dari versi sebelumnya. Selain tampilan yang lebih sederhana tapi agak rumit Zimbra versi 8 juga bekerja sama dengan Cisco dan Mitel untuk menawarkan unified communications didalam Zimbra versi 8.

Dengan unified communications user dapat terhubung ke aplikasi voice dan messages system didalam unified inbox, dengan meng-enable Click2Call, voicemail, presence. chatt pada Zimbra web apps. Zimbra juga menghadirkan software appliance untuk mempersingkat dan mempermudah proses installasi. Zimbra versi 8 didesain agar pengguna lebih efisien pada saat terhubung ke datanya.

Zimbra versi 8 menurut saya sangat menarik karena selain tampilan baru dan lebih fresh, rasa-rasanya resource usage pada CPU dan memory lebih efisien dari versi-versi sebelumnya. Saat ini saya sudah menggunakan Zimbra versi 8 dan so far tidak ada masalah yang serius, Zimbra 8 sangat layak untuk dicoba dan diimplementasikan karena sudah terdapat versi GA (stable release). Selamat mencoba!!!

 

2 thoughts on “Review Zimbra 8.0 Open Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*