Contact

Interest to meet me? please send your inquiry to [email protected]

5 thoughts on “Contact

  1. dear mas david
    salam kenal mas david
    pangggilan saya hari ,ada yang saya mau tanyakan ntuk membuat mail server zimbra,,karena saya newbie banget dengan linux,,saya ada kesulitan untuk membuat DNS nya gmn cara nya ya mas,,lebih baik DNS itu dipisah atau digabungkan dengan mail server,,dan kita membuat DNS itu hanya untuk lokal saja atau untuk internet juga,,,,kalau saya mau pakai DNS ISP aja bagai mana ya
     
    terima kasih atas informasinya
     
    salam newbie

  2. Dear Mas David,
    Saya mau tanya, di kantor saya punya dua domain yaitu domain.intranet dan domain.co.id, domain.intranet hanya digunakan oleh user biasa yang diberi batasan tidak dapat email ke domain luar tetapi dapat kirim email ke sesama domain.intranet dan domain.co.id, Untuk domain.co.id dapat melakukan pengiriman email ke domain luar dan juga ke domain.intranet. Untuk kondisi seperti ini konfigurasi apa yang harus saya lakukan ? saya menggunakan ZCS 7 OS menggunakan CentOS 6.
     
    Best Regard’s
    Eko

  3. Selamat Siang Mas David

    Mas David saya punya ZImbra server, yang server MTA dan server Mailbox nya terpisah.
    trus MX nya bagaimana ya mas? apakah hostname server MTA apa server mailbox nya yang di gunakan pada DNS saya….

    terima kasih mas david atas pencerahan nya
    dani

  4. Halo Om Dani,

    Saya biasanya menggunakan 1 domain meski menggunakan MTA dan Mailbox terpisah dan menggunakan 1 IP Public. Misalnya smtp inbound saya 192.168.1.7 dan mailbox saya 192.168.1.8 lalu saya punya IP Public 202.1.1.212. Saya akan pointing mail.domainsaya.com ke IP 202.1.1.212 di DNS dan setup NAT dengan konfigurasi port 25 diredirect ke IP smtp lalu port webmail, pop3, imap diredirect ke IP 192.168.1.7.

    Dengan konfigurasi diatas user tidak akan kebingungan mengakses alamat email ataupun setup di email klien karena hanya menggunakan 1 domain.

    Hal lain yang perlu diperhatikan adalah IP public untuk outbound email haruslah mempunyai reverse record yang sesuai dengan hostname smtp servernya.

    HTH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*